POPULAR STORIES

PO Agra Mas Segera Luncurkan Bus Double Decker Baru Dari Karoseri Adiputro

PO Agra Mas Segera Luncurkan Bus Double Decker Baru dari Karoseri Adiputro Bus double decker baru PO Agra Mas (Foto: Instagram @mass.arkan)

KabarOto.com - Perusahaan Otobus (PO) Agra Mas dalam waktu dekat ini segera meluncurkan unit terbarunya yakni Jetbus 5 Super Double Decker (SDD) yang di rakit oleh karoseri Adiputro.

Berdasarkan foto yang diunggah oleh Instagram @mass.arkan terlihat dari bus menggunakan warna merah khas PO yang berkantor di Cipayung, Jakarta Timur itu. Bus tersebut sedang dalam tahap pemeriksaan keseluruhan serta memasang beberapa kelengkapan lainnya.

Armada terbaru ini diketahui menggunakan sasis Volvo B11R 450 Euro5, kemudian bus ini nantinya akan digunakan sebagai armada Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) karena terdapat tulisan di bodi bagian bawah kiri dan kanan bus tersebut.

Baca juga: PO Handoyo Rilis Bus Baru Pakai Body Laksana Legacy SR3

PO Agra mas
PO Agra Mas (Instagram @mass.arkan)

Belum diketahui secara pasti bus double decker atau yang dikenal dengan bus tingkat itu akan meramaikan rute mana. Sebab, sampai saat ini PO Agra Mas masih merahasiakan rute dan fasilitas yang digunakan di armada teranyar tersebut. Tetapi terlihat sepintas armada itu dilengkapi 2 kursi sleeper di dek bagian bawah.

Untuk spesifikasinya, Volvo B11R Euro 5 dibekali dengan mesin Volvo D11, 6-silinder segaris, 11.000 cc yang menghasilkan tenaga tertinggi hingga 450 dk di putaran 1.600-1.900 rpm dengan torsi 2.150 Nm di putaran 950-1.400 rpm.

Baca juga: Toyota ProAce Max Tawarkan Jangkauan WLTP Hingga 420 Kilometer

Tenaga tersebut naik dari unit Volvo B11R sebelumnya yang masih menggunakan teknologi Euro3. kemudian perbedaannya lagi, untuk memenuhi standar emisi Euro5, mesin Volvo D11 baru ini telah dipasang dengan Selective Catalytic Reduction (SCR).

Sementara secara dimensi, sasis Volvo B11R bisa menggunakan bodi dengan panjang 13,5 m dan GVW 24 Ton. Kapasitas tangki BBM dari B11R ini pun cukup besar, yakni 450 Liter dan 48 Liter untuk cairan AdBlue dengan perbandingan konsumsi AdBlue dengan solar adalah sekitar 5-6%.